Dukung produk lokal di Harbolnas!
Dapatkan promo spesial dari brand lokal Indonesia, produk makanan Indonesia, hingga traveling keliling Indonesia.

Ketentuan Harbolnas 2022


  • Pendaftaran sudah dimulai pada 20 November hingga 2 Desember 2022.
  • Pada saat mengisi link pendaftaran peserta wajib melampirkan: logo, dan pilih program promo yang di inginkan.
  • Peserta harus memiliki Website/ Aplikasi e-commerce/ Media sosial yang menjadi media promo.
  • Program Promo 10, 11, dan 12 Desember 2022.
  • Peserta harus menggunakan logo harbolnas, idEA, dan BBI di materi promo harbolnas 2022.
  • Peserta harus mengupload banner promo Harbolnas 2022 melalui website harbolnas.idea.or.id paling lambat 6 Desember 2022.
  • Campaign bersama (Teaser) akan dilaksanakan pada 8 Desember 2022 (Teaser), sementara 10, 11 dan 12 Desember 2022 (Promo serentak).
  • Pada 10 dan 11 Desember 2022 peserta melakukan campaign produk Lokal (banner menggunakan logo harbolnas produk lokal).
  • Pada tanggal 12 Desember 2022 Peserta melakukan campaign produk general (banner menggunakan logo harbolnas).
  • Peserta harus menerapkan promosi yang JUJUR, TRANSPARAN, dan JELAS.
  • Platform wajib melakukan kontrol yang optimal kepada para seller selama penyelenggaraan Harbolnas 2022.
  • Batas ketentuan promo minimum 30% maximum 90% atau bisa dengan cashback dan voucher, atau free ongkir(sesuai dengan ketentuan perusahaan dan harus menyebutkan ketentuan dan syarat berlaku yang jelas).
  • Tidak melakukan promo fiktif.
  • Memberikan layanan konsumen serta penyelesaian terhadap keluhan konsumen dengan baik, solutif serta bersedia berkomunikasi dengan terbuka dalam upaya penyelesaian keluhan konsumen jika dibutuhkan.
  • Tidak melakukan upaya manipulasi seperti: penggelembungan harga sebelum diskon, hidden cost, menjual barang yang berbeda dari deskripsi.
  • Jika dikemudian hari ditemukan pelanggaran terhadap komitmen tersebut, maka peserta wajib melakukan permintaan maaf secara terbuka kepada publik tanpa membebankan kesalahan kepada panitia harbolnas atau peserta lain.
  • Sebagai bentuk permintaan maaf, peserta yang melanggar juga wajib untuk mengkomunikasikan solusi yang ditawarkan akan dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang timbul.
  • Wajib menindaklanjuti keluhan konsumen terkait proses transaksi di platform terkait selama Harbolnas 2022.
  • Memberikan laporan hasil campaign Harbolnas (transaksi, kendala, keluhan customer) 2022 kepada idEA paling lambat H+7 (via link)
  • Proses reimbursement dilakukan selama 14 hari kerja setelah data lengkap diterima

Harbolnas Experience Center

Sampaikan keluhan atau pertanyaan Anda mengenai program Harbolnas di sini.
Kami akan bantu komunikasikan dengan pihak berwenang



Tentang Harbolnas

Harbolnas singkatan dari Hari Belanja Nasional, merupakan program khusus pesta belanja online dengan hadirnya diskon besar-besaran yang diselenggarakan serempak di akhir tahun pada 12.12. Harbolnas diadakan sudah 11 tahun, dan sudah menjadi momen yang ditunggu konsumen dan juga festival belanja industri online yang fenomenal dalam 3 hari seluruh e-commerce indonesia memberikan diskon besar besaran dan juga perusahaan perbankan dan logistik yang mendukung dengan penawaran spesial.